Senin, 20 Februari 2012

Muatan Kurikulum

Muatan kurikulum SMPIT Gameel Akhlaq meliputi sejumlah mata pelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai Kelas VII sampai dengan Kelas IX. Materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan bagian dari muatan kurikulum.

A.      Mata Pelajaran
Mata pelajaran merupakan materi bahan ajar berdasarkan landasan keilmuan yang akan dibelajarkan kepada peserta didik sebagai beban belajar melalui metode dan pendekatan tertentu.
Pada bagian ini SMPIT Gameel Akhlaq mencantumkan mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri, beserta alokasi waktunya yang akan diberikan kepada peserta didik.
Untuk kurikulum SMPIT Gameel Akhlaq, terdiri dari 10 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri yang harus diberikan kepada peserta didik.
Struktur kurikulum yang digunakan di SMPIT Gameel Akhlaq mengikuti ketentuan  dalam standar isi. Adapun struktur kurikulumnya sebagai berikut :
 
KOMPONEN
KELAS DAN ALOKASI WAKTU
VII
VIII
IX
A.
MATA PELAJARAN




1.      Pendidikan Agama dan Akhlaq Mulia
4
4


2.      Pendidikan Kewarganegaraan
2
2


3.      Bahasa Indonesia
4
4


4.      Bahasa Inggris
4
4


5.      Matematika
4
4


6.      Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu (Bilingual)
4
4


7.      Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu (Bilingual)
4
4


8.      Seni Budaya Islam
2
2


9.      Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2


10.  Keterampilan/Teknologi, Informasi dan Komunikasi
2
2

B.




MUATAN LOKAL
  1. Bahasa Arab
  2. Tahsin dan Tahfidz
  3. Kewirausahaan, Project dan Riset

2
2
2

2
2
2





C.
PENGEMBANGAN DIRI dan MENTORING
2*
2*

D.
EKSTRA KURIKULER
  1. Kepanduan  ( Wajib)
  2. Bela Diri
  3. Olahraga (Futsal, Basket, Bulutangkis, Renang, Panah)
  4. Seni (Nasyid)
  5. English Club
  6. Sains Club

2
2**
2**
2**
2**
2**
2**

2
2**
2**
2**
2**
2**
2**


JUMLAH
48
48

Keterangan      : *)   Ekuivalen 2 jam pelajaran
 **)  Pilihan 2 jam/ 2 pekan
-          3 Bulan pertama belajar (Kelas VII) siswa didik mendapatkan matrikulasi bahasa Inggris, Baca Qur’an dan Teknik Belajar
-          Untuk mengejar mata pelajaran pada 3 bulan pertama dilaksanakan sistem Bimbingan Belajar (Bimbel) pada pekan IV/bulan     

           
Tujuan dan Ruang Lingkup tiap mata pelajaran sebagai berikut :
a. Pendidikan Agama Islam  bertujuan untuk:
1.        Menumbuhkembangkan aqidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
2.        Mewujudkan manusia Indonesia dan masyarakat yang taat beragama  dan berakhlak mulia  yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.      Al Qur’an dan Hadits
2.      Aqidah
3.      Akhlaq
4.      Fiqih
5.      Siroh dan Kebudayaan Islam
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.

b. Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan untuk :
1.        Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
2.        Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi
3.        Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
4.        Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.        Persatuan dan kesatuan bangsa, meliputi: hidup rukun dalam perbedaan, cinta lingkungan, kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, sumpah pemuda, keutuhan negara kesatuan republik indonesia, partisipasi dalam pembelaan negara,  sikap positif terhadap negara kesatuan republik Indonesia, keterbukaan dan jaminan keadilan
2.        Norma, hukum dan peraturan, meliputi:  tertib dalam kehidupan keluarga, tata tertib di sekolah, norma yang berlaku di masyarakat, peraturan-peraturan daerah, norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sistem hukum  dan peradilan nasional, hukum dan peradilan internasional
3.        Hak asasi manusia meliputi: hak dan kewajiban anak,  hak dan kewajiban anggota masyarakat, instrumen nasional dan internasional HAM, pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM
4.        Kebutuhan  warga negara meliputi: hidup gotong royong, harga diri sebagai warga masyarakat, kebebasan berorganisasi, kemerdekaan mengeluarkan pendapat, menghargai keputusan bersama, prestasi diri, persamaan kedudukan warga negara
5.        Konstitusi negara meliputi: proklamasi kemerdekaan dan konstitusi yang pertama,  konstitusi-konstitusi yang pernah digunakan di  Indonesia, hubungan dasar negara dengan konstitusi
6.        Kekuasan dan politik, meliputi: pemerintahan desa dan kecamatan, pemerintahan daerah dan otonomi, pemerintah pusat,  demokrasi dan sistem politik, budaya politik, budaya demokrasi menuju masyarakat madani, sistem pemerintahan, pers dalam masyarakat demokrasi
7.        Pancasila meliputi: kedudukan pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara, proses perumusan pancasila sebagai dasar negara, pengamalan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari, pancasila sebagai ideologi terbuka
8.        Globalisasi meliputi: globalisasi di lingkungannya, politik luar negeri Indonesia di era globalisasi, dampak globalisasi, hubungan internasional dan organisasi internasional, dan mengevaluasi globalisasi.

c. Bahasa Indonesia bertujuan untuk :
1.        Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2.        Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa
3.        Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.        Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan  intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5.        Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6.        Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran bahasa indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
1.        Mendengarkan
2.        Berbicara
3.        Membaca
4.        Menulis
Pada akhir pendidikan di SMPIT Gameel Akhlaq, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya 15 buku sastra dan nonsastra.

d. Bahasa Inggris bertujuan untuk :
1.        Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi functional  
2.        Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global
3.        Mengembangkan  pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara bahasa dengan budaya.
Ruang lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di SMPIT Gameel Akhlaq meliputi:
1.        Kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi functional;
2.        Kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei berbentuk procedure, descriptive, recount, narrative, dan report. Gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah-langkah retorika;
3.        Kompetensi pendukung, yakni kompetensi linguistik (menggunakan tata bahasa dan kosa kata, tata bunyi, tata tulis), kompetensi sosiokultural (menggunakan ungkapan dan tindak bahasa secara berterima dalam berbagai konteks komunikasi), kompetensi strategi (mengatasi masalah yang timbul dalam proses komunikasi dengan berbagai cara agar komunikasi tetap berlangsung), dan kompetensi pembentuk wacana (menggunakan piranti pembentuk wacana).

e. Matematika bertujuan untuk :
1.             Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
2.             Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan  matematika
3.             Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
4.             Mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah

Ruang Lingkup

Mata pelajaran Matematika pada satuan pendidikan SMPIT Gameel Akhlaq meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.        Bilangan
2.        Aljabar
3.        Geometri dan Pengukuran
4.        Statistika dan Peluang

f. IPA Terpadu bertujuan untuk :
1.        Meningkatkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaanNya
2.        Mengembangkan pemahaman tentang berbagai macam gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
3.        Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif, dan kesadaran terhadap adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.        Melakukan inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak  ilmiah serta berkomunikasi
5.        Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan serta sumber daya alam
6.        Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
7.        Meningkatkan pengetahuan, konsep, dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan  ke jenjang selanjutnya.
Ruang Lingkup
Bahan kajian IPA untuk SMPIT Gameel Akhlaq merupakan kelanjutan bahan kajian IPA SD/MI meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.        Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
2.        Materi dan Sifatnya
3.        Energi dan Perubahannya
4.        Bumi dan Alam Semesta

g. IPS Terpadu bertujuan untuk :
1.    Mengenal konsep – konsep yang berkaitan dengan kehidupan  masyarakat dan lingkungannya
2.    Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu,  inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
3.    Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
4.    Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran IPS meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.   Manusia, Tempat, dan Lingkungan       
2.   Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan
3.    Sistem Sosial dan Budaya
4.    Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan.

h. Seni Budaya Islam dan Nusantara bertujuan untuk :
1.    Memahami konsep dan pentingnya seni budaya Islam dan Nusantara
2.    Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya Islam dan Nusantara
3.    Menampilkan kreativitas melalui seni budaya Islam dan Nusantara
4.    Menampilkan peran serta dalam seni budaya dalam tingkat lokal, regional, maupun global.
Ruang Lingkup
Mata pelajaran Seni Budaya Islam meliputi aspek- aspek sebagai berikut :
1.        Seni rupa, mencakup pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghasilkan karya seni berupa Kaligrafi, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya
2.        Seni musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal Grup (Nasyid), memainkan alat musik, apresiasi karya musik
3.        Seni tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, yang tidak bertentangan dengan nilai islami
4.        Seni teater, mencakup keterampilan olah tubuh, olah pikir, dan olah suara yang  pementasannya memadukan unsur seni musik, seni tari dan seni peran.
Di antara keempat bidang seni yang ditawarkan, minimal diajarkan satu bidang seni sesuai dengan kemampuan sumberdaya manusia serta fasilitas yang tersedia. Pada sekolah yang mampu menyelenggarakan pembelajaran lebih dari satu bidang seni, peserta didik diberi kesempatan untuk memilih bidang seni yang akan diikutinya.

i. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan bertujuan untuk :
1.        Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih
2.        Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3.        Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4.        Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
5.        Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis
6.        Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
7.        Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Pendiidikan Jasmani, Olahraga dan  Kesehatan untuk jenjang SMP / MTs adalah sebagai berikut :
1.    Permainan dan olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan. eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, sepak bola/futsal, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas lainnya
2.    Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya
3.    Aktivitas senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya
4.    Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, serta aktivitas lainnya

j.  Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunkasi bertujuan untuk:
1.    Memahami teknologi informasi dan komunikasi
2.    Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
3.    Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
4.    Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.    Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi
2.    Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

A.    Muatan Lokal
Muatan Lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi mata pelajaran muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan, tidak terbatas pada mata pelajaran keterampilan.
Muatan lokal merupakan bagian dari struktur dan muatan kurikulum yang terdapat pada Standar Isi di dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan. Keberadaan mata pelajaran muatan lokal merupakan bentuk penyelenggaraan pendidikan yang tidak terpusat, sebagai upaya agar penyelenggaraan pendidikan di masing-masing daerah lebih meningkat relevansinya terhadap keadaan dan kebutuhan daerah yang bersangkutan. Hal ini sejalan dengan upaya peningkatan mutu pendidikan nasional sehingga keberadaan kurikulum muatan lokal mendukung dan melengkapi kurikulum nasional.
Lingkup isi/jenis muatan lokal berupa : bahasa Arab, bahasa Inggris, kesenian daerah, keterampilan dan kerajinan daerah, adat istiadat, dan pengetahuan tentang berbagai ciri khas lingkungan alam sekitar, serta hal-hal yang dianggap perlu oleh daerah yang bersangkutan.
Mengingat SMPIT Gameel Akhlaq berada di wilayah Jawa Barat Dipandang perlu untuk mengembangkan dan melestarikan budaya Sunda dengan Peraturan Daerah Propinsi Jawa Barat Nomor 5 Tahun 2003 tentang Pemeliharaan Bahasa, Sastra, dan Aksara Daerah, untuk kelestariannya diperlukan mata pelajaran muatan lokal yang meliputi :
a.    Kesenian Angklung
b.    Batik Sunda

B.     Pengembangan Diri
Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri di bawah bimbingan konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.
Bentuk Kegiatan Pengembangan diri di SMPIT Gameel Akhlaq meliputi :
1.   Kegiatan terprogram terdiri atas dua komponen:
a.    Pelayanan konseling, meliputi pengembangan:
·     kehidupan pribadi
·     kemampuan sosial
·     kemampuan belajar
·     wawasan dan perencanaan karir
b.    Ekstra kurikuler, meliputi kegiatan:
·      Kepanduan  ( Wajib)
·      Bela Diri
·      Olahraga (Futsal, Basket, Bulutangkis, Renang, Panah)
·      Seni (Nasyid)
·      English Club
·      Sains Club
2.        Kegiatan pengembangan diri secara tidak terprogram dapat dilaksanakan secara Rutin, yaitu kegiatan yang dilakukan terjadwal, seperti :
a.       upacara bendera
b.      Kebersihan lingkungan 
c.       kesegaran jasmani (senam)

C.    Pengaturan Beban Belajar
Beban belajar yang ditentukan di SMPIT Gameel Akhlaq sebagai berikut :
·      Sistem Paket
·      Alokasi Waktu Belajar :  45 menit per jam pelajaran
·      Beban jam belajar 48 jam per minggu
·      Tugas terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur 0% - 40% dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan
·      Alokasi waktu untuk praktek, dua jam kegiatan praktek di sekolah setara dengan satu jam tatap muka. Empat jam praktik di luar sekolah setara dengan satu jam tatap muka
Tabel. 3.2.
Beban Belajar Kegiatan Tatap Muka Keseluruhan untuk SMPIT Gameel Akhlaq

Satuan Pendidikan
Kelas
Satu jam pemb. tatap muka (menit)
Jumlah jam pemb. Per minggu
Minggu Efektif per tahun ajaran
Waktu pembelajaran per tahun
Jumlah jam per tahun (@60 menit)
SMPIT Gameel Akhlaq
VII s.d. VIII
45
48
34-38
1632 - 1824 jam pembelajaran
(7335 – 82080)
 menit)



A.    Ketuntasan Belajar
Ketuntasan belajar setiap indikator yang dikembangkan sebagai suatu pencapaian hasil belajar dari suatu kompetensi dasar berkisar antara 0-100%. Kriteria ideal ketuntasan untuk masing-masing indikator 75%. Sekolah menentukan kriteria ketuntasan minimal sebagai target pencapaian kompetensi (TPK) dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik serta kemampuan sumber daya pendukung dalam penyelenggaraan pembelajaran. Sekolah secara bertahap dan berkelanjutan selalu mengusahakan peningkatan kriteria ketuntasan belajar untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal.
Berikut ini tabel nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang menjadi target pencapaian kompetensi (TPK) di SMPIT Gameel Akhlaq yang berlaku saat ini.
Tabel 3.3
Kriteria Ketuntasan Minimal SMPIT Gameel Akhlaq
No
Mata Pelajaran
KKM
Kls VII
KKM
Kls VIII
KKM
Kls IX
1.     
Pendidikan Agama dan Akhlaq Mulia

60

60


2.     
Pendidikan Kewarganegaraan

62

62


3.     
Bahasa Indonesia

60

60


4.     
Bahasa Inggris

60

60


5.     
Matematika

60

60


6.     
Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu

60

60


7.     
Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu

60
60

8.     
Seni Budaya Islam

60
65

9.     
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan kesehatan

65
65

10. 
Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi

60

60

11. 
Muatan Lokal



Bahasa Arab
60
60

Tahsin dan Tahfidz
60
60

Kewirausahaan, Project dan Riset
60
60

Rata-rata
60.5
61

A.    Kenaikan Kelas dan Kelulusan
a. Kenaikan Kelas
Mekanisme kenaikan kelas dan tinggal kelas yang ditetapkan di SMPIT Gameel Akhlaq sebagai berikut :
1.      Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun khususnya kelas VII dan VIII
2.      Peserta didik dinyatakan naik kelas, apabila:
a) Yang bersangkutan telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal.
b)      Peserta didik dinyatakan naik kelas, apabila kehadirannya    minimal 85 % dari hari efektif kegiatan belajar mengajar.
3.      Peserta didik dinyatakan harus mengulang dikelas yang sama bila,
a)  Memperoleh nilai kurang dari katagori baik pada kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
b) Jika peserta didik tidak menuntaskan standar kompetensi dan kompetensi dasar lebih dari empat mata pelajaran sampai pada batas akhir tahun pelajaran,
c) Jika karena alasan yang kuat, misal karena gangguan kesehatan fisik, emosi atau mental sehingga tidak mungkin berhasil dibantu mencapai kompetensi yang ditargetkan.
4.      Ketika Mengulang dikelas yang sama, nilai peserta didik untuk semua indikator, kompetensi dasar dan standar kompetensi yang ketuntasan belajar minimumnya sudah dicapai, minimal sama dengan yang dicapai pada tahun sebelumnya.

B.     Pendidikan Kecakapan Hidup
Pendidikan Kecakapan Hidup merupakan pendidikan yang diberikan kepada peserta didik  sehingga memeiliki kecakapan untuk berani menghadapi prolem hidup dan kehidupan dengan wajar tanpa rasa tertekan, kemudian secara proaktif dan kreatif mencari serta menemukan solusi sehingga akhirnya mampu mengatasinya.
Kecakapan hidup yang dikembangkan meliputi kecakapan personal (Personal skill), kecakapan sosial (Social skill), kecakapan akademik ( Academic skill ), dan kecakapan vokasional ( Vocational skill ) secara terpadu dan merupakan bagian integral dari pendidikan semua mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri.  Implementasi pendidikan kecakapan hidup di SMP Negeri 18 secara khusus meliputi dua mata pelajaran.
Tabel 3.4 
Pendidikan Kecakapan Hidup di SMPIT Gameel Akhlaq
 
No
Pendidikan Kecakapan Hidup
Alokasi Waktu (JP)
VII
VIII
IX
1
Kewirausahaan
2
2

2
Project dan Riset
2
2


Jumlah
4
4


A.    Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
Pendidikan Berbasis Keunggulan  Lokal dan Global merupakan kegiatan kokurikuler untuk mengembangkan kompetensi bakat minta peserta didik yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah/ lingkungan pendidikan yang dapat menjawab tantangan global dalam kehidupan bermasyarakat, khususnya untuk memberi bekal kelangsungan hidup dan peningkatan taraf kehidupan peserta didik dalam bermasyarakat.
Pengembangan pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global di SMPIT Gameel Akhlaq diarahkan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan peserta didik dengan memperhatikan kondisi potensi daerah/lingkungan sekolah. Kebutuhan terrsebut diantaranya :
a.         Melakukan pembinaan dibidang keolahragaan untuk mencetak bibit unggul dalam bidang olah raga tertentu.
b.         Meningkatkan kemampuan dan keterampilan di bidang Teknologi dan Informasi untuk menghadapai tantangan global.
c.         Meningkatkan kemampuan berwirausaha.

 Dengan demikian Pendidikan Berbasis keunggulan lokal dan global di SMPIT Gameel Akhlaq Meliputi kegiatan sebagai berikut :

Tabel 3.5
                   Keunggulan Lokal dan Global di SMPIT Gameel Akhlaq

No
Pendidikan Berbasis
Keungulan Lokal dan Global
Alokasi Waktu (JP)
VII
VIII
IX
1
Peningkatan Keunggulan Dibidang Tahfidz
2
2

2
Pengembangan Program Perakitan Komputer
2
2

3.
Peningkatan Keunggulan dibidang Olahraga
2
2

4.
Peningkatan Keunggulan Dibidang English Club
2
2

5.
Peningkatan Keunggulan Dibidang Bahasa Arab
2
2

6.
Peningkatan Keunggulan Dibidang Angklung
2
2

7.
Peningkatan Keunggulan Dibidang Seni Batik Sunda
2
2


Jumlah
14
14

 

Tags :

SIT GAMEEL AKHLAQ

GAMEEL AKHLAQ ISLAMIC SCHOOL

  • " Cerdas " ( Selalu berprestasi )
  • " Berkarakter " ( Akhlaq yang baik )
  • " Qur'ani " (Cinta Qur'an )

  • : SIT Gameel Akhlaq
  • : Juli 2011
  • : Rawalumbu-Kota Bekasi
  • : [email protected]
  • : +6285817664135