Selamat Datang di Portal Sekolah Islam Terpadu GAMEEL AKHLAQ

Rahasia Wudhu dan Jumlah Tulang Manusia

 
Oleh : Agung Nursidik, S.Pd.I 
Secara anatomis, anggota wudhu terletak pada ujung – ujung bagian tubuh ( kepala, tangan, kaki ). Bagian – bagian tersebut paling banyak mengandung susunan tulang  sendi, dan banyak pula melakukan gerakan – gerakan. Dalam kaitannya dengan ritual wudhu, pembasuhan anggota wudhu kebanyakan tiga kali dan ada yang satu kali, maka timbul suatu pertanyaan : “ Adakah rahasia matematis antara hubungan ritual wudhu dengan susunan tulang sendi?”. Jumlah tulang dewasa ada 206 ruas ( Henry Netter, 1906 ). Akan tetapi secara embriologis pusat penulangan semasa kehidupan janin dalam kandungan itu ada 350-an pusat penulangan ( Leslie Brainerd Arey, 1934 ), yang kemudian banyak pusat – pusat penulangan yang menyatu, membetuk satu tulang dewasa. Bilangan pusat penulangan it dekat dengan bilangan hari dalam satu tahun.
Dalam kajian penulis, didapatkan adanya rahasia matematis tersebut. Ada dua premis ( dari hadits atsar ) :
1.         Apabila kamu ditimpa demam satu hari, kemudian kamu bersabar, kamu akan mendapat pahala seperti ibadah satu tahun ( Atsar dari Ali bin Abi Thalib )
2.         Tiap – tiap ruas tulang anak adam itu ada sedekahnya setiap harinya ( HR. Bukhari Muslim, termasuk Hadits arbain )
Dari dua premis tersebut dapat dihubungkan, bahwa tubuh ini mengandung sejumlah tulang yang mendekati bilangan hari dalam setahun. Tulang – tulang penyusun anggota wudhu jumlahnya tertentu, dikalikan masing – masing dengan jumlah kali pembasuhan pada ritual wudhu, akan menghasilkan sama dengan bilangan keseluruhan jumlah tulang jumlah tulang manusia.
Mari kita perhatikan jumlah tulang penyusun bagian – bagian tubuh yang dibasuh pada saat  wudhu :
  1.    Lengan dan tangan : 30 buah ( terdiri atas 1 buah tulang lengan atas, 2 buah tulang alengan bawah, 8 buah tulang pergelangan tangan, 19 buah tulang telapak dan jari – jari ) 
  2.   Tungkai dan kaki : 31 buah ( terdiri atas 2 buah tulang lengan atas, 2 buah tulang lengan bawah, 8 buah tulang pergelangan tangan, 19 buah tulang telapak dan jari – jari ) 
  3.    Wajah : 12 buah ( terdiri atas tulang dahi, baji, rahang atas – bawah masing – masing 1 buah, tulang air mata, pelipis, hidung dan pipi masing – masing 2 buah)
  4. Rongga mulut dan hidung : 14 buah ( terdiri atas geligi 32 buah, langit – langit dan rahang masing – masing 1 buah, sekat dan karang hidung 7 buah ) 
  5.    Kepala dan telinga :12 buah ( terdiri atas 2 buah tulang pelipis, 2 buah tulang ubun – tubun, 1 buah tulang baji, dahi dan belakang kepala, 6 buah tulang pendengaran )
Bagian tubuh poin 1 – 4 dijumlahkan menghasilkan angka 342. Poin 5 tidak dikalikan 3 karena memang hanya dibasuh 1 kali. Angka 342 dijumlahkan 12, didapatkan angka 354, yakni sama dengan jumlah hari dalam 1 tahun hijriah, sekaligus sama dengan jumlah seluruh tulang manusia. Dengan demikian, membasuh anggota wudhu pada ritual wudhu itu seakan – akan sudah membasuh seluruh tubuh.
Kajian ini menjadi bukti ilmiah kemukjizatan syariat . Kita ketahui bahwa makhluk Tuhan, selain manusia, yang memiliki susunan tulang itu banyak jenis/spesiesnya, tetapi dalam hal jumlah tulang tidak ada yang sama dengan manusia. Demikian juga ritual bersuci yang mungkin saja dimiliki oleh semua agama/kepercayaan, akan tetapi Islam secara mendetail menjelaskan keunikan dan rahasia manfaat sekaligus kemukjizatan yang tidak ada pada ajaran agama lain.

Wallahu Alam

Share this post :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. Sekolah Islam Terpadu Gameel Akhlaq - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by IT GAMAIS