Selamat Datang di Portal Sekolah Islam Terpadu GAMEEL AKHLAQ

Perumpamaan Setan

Perumpamaan setan adalah bagaikan anjing lapar yang mendekati anda. Bila kita tidak memiliki roti atau daging, pasti ia akan meninggalkan anda walaupun anda hanya menhardiknya dengan ucapan. Namun, bila bila ditangan kita ada daging, ia tidak akan pergi dari kita walaupun kita sudah berteriak karena ia ingin merebut daging itu dari kita. Demikian juga hati. Bila tidak memiliki makanan, setan akan pergi hanya dengan zikrullah.


                Bila menguasai hati, syahwat akan mengusir zikrullah dari hati ke pinggirnya saja dan tidak bisa merasuk ke hati. Sumber dari kerusakan akhlaq manusia adalah mengikuti hawa nafsu. Sementara itu, orang – orang yang bertakwa yang terlepas dari hawa nafsu dan sifat – sifat tercela akan dimasuki setan bukan karena syahwat, tapi karena kelalaian dari zikrullah. Apabila ia kembali berzikir, setan langsung tersingkirkan. Inilah yang ditegaskan Firman Allah dalam QS.  Al – A’raf : 200

“ Dan jika kamu ditimpa suatu godaan setan, maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya, Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Keinginan berbuat kejekan yang bersumber dari hafa nafsu bisa diatasi dengan memperkuat keimanan pada Allah Swt.
Share this post :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. Sekolah Islam Terpadu Gameel Akhlaq - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by IT GAMAIS