Selamat Datang di Portal Sekolah Islam Terpadu GAMEEL AKHLAQ

Sejarah Ashabul Jannah

Ashabul Jannah adalah kisah yang diterangkan di dalam AL – Qur’an mengenai para pemilik kebun  yang tidak mau berbagi dengan fakir miskin. Akibat dari keengganan mereka tersebut, kebu – kebun mereka dihancurkan oleh Allah melalui kebakaran yang dahsyat.


              Sebuah pendapat mengatakan bahwa Ashabul Jannah dalam AL – Qur’an surah AL – Qalam ini adalah pemilik – pemilik kebun dari penduduk yang bertempat tinggal di kampung Dharawan, Yaman. Dikatakan bahwa pemilik kebun itu bersaudara. Kebun itu merupakan warisan dari bapak mereka yang ahli sedekah. Ketika kebun itu diserahkan kepada anak – anaknya, maka mereka berubah, tidak mengikuti perilaku bapak mereka. Mereka tidak mau memberikan hasil kebun itu kepada fakir miskin. Maka, sebagai balasannya, Allah menurunkan azab kepada mereka.
            Pelajaran ini sangat berharga bagi kita untuk tidak meremehkan, menelantarkan, atau bahkan menghina fakir miskin. Cukup besar ternyata azab yang diberikan Allah Swt kepada orang yang tidak ingin menyantuni kaum fakir dan miskin.
            Bukan azab di akhirat saja, melainkan juga tempak jelas azab di dunia. Dalam QS –  AL – Mudassir : 42 – 44 dijelaskan bahwa di antara orang yang masuk Neraka Saqar adalah mereka yang tidak mau memberikan makan fakir miskin. Karena itu, Rasulullah saw pernah berpesan kepada istrinya, “ CIntailah orang miskin dan akrablah dengan mereka, Allah akrab juga dengan engkau pada hati kiamat.” ( HR. Al – Hakim )
Share this post :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. Sekolah Islam Terpadu Gameel Akhlaq - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by IT GAMAIS