Kamis, 26 April 2012

Bocoran UN Disebar Sehari Sebelum Ujian

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan investigasi tim dari Indonesia Corruption Watch (ICW) dan posko pengaduan Ujian Nasional (UN) di 16 kabupaten/kota terbukti bahwa bocoran kunci jawaban UN diberikan kepada siswa sehari sebelum ujian dilaksanakan.

Koordinator Divisi Monitoring Pelayanan Publik ICW, Febri Hendri menjelaskan, berdasarkan investigasi di beberapa sekolah di wilayah Jabodetabek, diketahui bahwa bocoran kunci jawaban (khususnya soal Matematika SMP) diperoleh siswa dari guru Tata Usaha yang sebelumnya telah menerima bocoran itu dari sekolah induk (rayon).

"Sekolah induk itu tempat soal disimpan sebelum disebarkan ke sekolah-sekolah," kata Febri kepada para wartawan, di kantor ICW, Jakarta (26/4/2012). Kemudian, lanjut dia, bocoran kunci jawaban diberikan sehari sebelum ujian.

Untuk diketahui, ICW dan Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menerima kunci jawaban untuk mata ujian Matematika (SMP) sore hari sebelum ujian Matematika dilangsungkan, yakni Selasa 24 April 2012, sekitar pukul 18.00 WIB.

Akurasi dari kunci jawaban yang bocor juga dikatakan Febri cukup tinggi, yakni lebih dari 60 persen. Inilah yang membuatnya yakin jika kebocoran UN berlangsung sistemik dan naskah soalnya telah bocor beberapa hari sebelum UN dilaksanakan.

"Pertanyaannya adalah kok bisa akurasinya tinggi. Mungkinkah bisa tanpa melihat soal? Menurut saya, bocoran jawaban ini dibuat berdasarkan soal Matematika yang bocor beberapa hari sebelum ujian dilaksanakan," pungkasnya.

Sebagai informasi, ICW dan FSGI telah menelusuri sejumlah laporan terkait kecurangan pada pelaksanaan UN. Dari semua laporan yang masuk, cukup banyak bukti yang bisa diangkat untuk mendukung "persepsi" kebocoran UN. Namun karena alasan keamanan, ICW dan FSGI bersikukuh menolak memberikan identitas guru, siswa serta sekolah yang terlibat ataupun bertindak sebagai saksi

Tags :

SIT GAMEEL AKHLAQ

GAMEEL AKHLAQ ISLAMIC SCHOOL

  • " Cerdas " ( Selalu berprestasi )
  • " Berkarakter " ( Akhlaq yang baik )
  • " Qur'ani " (Cinta Qur'an )

  • : SIT Gameel Akhlaq
  • : Juli 2011
  • : Rawalumbu-Kota Bekasi
  • : [email protected]
  • : +6285817664135