Selamat Datang di Portal Sekolah Islam Terpadu GAMEEL AKHLAQ

Agung Gamais : Nikmat Yang Terlewat dan Terlupakan

Di dalam surat Arrahman Allah SWT, menyatakan “ Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang engkau lupakan?” lebih dari 31 kali. Ini jelas menandakan betapa banyak nikmat yang Allah berikan kepada kita. Nikmat tersebut selalu kita dapatkan mulai dari yang kecil tak kasad mata sampai nikmat yang sangat besar, semua terlewatkan begitu saja oleh kebanyakan manusia. Maka dari itu mari kita renungkan sejenak beberapa nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita.
                Nikmat bangun tidur ternyata adalah nikmat yang begitu besar yang Allah berikan kepada kita, mengapa?, karena nikmat ini banyak sekali yang tidak merenungkannya, tidak memikirkannya, bahkan membaca doa bangun tidur yang menjadi ungkapan syukur kita kepada Allah SWT ketika kita dibangunkan dari sebuah kematian pun tidak pernah. Padahal membaca doa “ Alhamdulillahiladzi Ahyana Ba’dal ma amatana Wa ilaihinnusyur “ ketika kita bangun  tidur adalah adalah ungkapan syukur kepada Allah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Mengapa kita tidak pernah bersyukur dengan membaca doa tersebut ketika kita bangun tidur? Ada beberapa sebab dianataranya :
1.       Kita lupa berdoa ketika kita menjelang tidur, sehingga kita pun lupa ketika bangun tidur
2.       Tidak pernah merenunngkan tentang rahasia dan manfaat tidur malam karena beberapa manfaat dari tidur malam yang cukup adalah : Dengan tidur cukup pada malam hari serangan depresi atau kecemasan dapat berkurang. Oleh karena itu sangat penting untuk menempatkan tidur yang cukup di malam hari sebagai prioritas. Tidur yang cukup dapat meningkatkan memori. Jika Anda mengalami kesulitan berkonsentrasi di tempat kerja, kemungkinannya adalah bahwa Anda kurang tidur. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kurangnya waktu tidur dapat menyebabkan masalah pada daya ingat. Salah satu manfaat besar yang diperoleh dari tidur malam yang cukup, adalah membantu dalam menjaga ketahanan tubuh. Saat sedang tidur tubuh menghasilkan molekul protein tambahan yang memperkuat kemampuan untuk melawan infeksi agar tetap sehat. Tidur tidak hanya memiliki fungsi yang sederhana seperti menghilangkan rasa kantuk, namun selain hal yang disebutkan di atas, tidur juga memperkuat sistem kekebalan tubuh.
3.       Kita memang bukan orang yang pandai bersyukur, walaupun begitu Allah masih tetap memberikan nikmatnya kepada kita yang nanti akan dimintai pertanggung jawabbannya.

Maka dari itu mari kita sama – sama selalu bersykur dalam segala hal yang Allah berikan kepada kita. Salah satunya adalah nikmat bangun tidur, doa bangun tidur yang dimulai dari hamdalah adalah ungkapan syukur kepada Allah, yang ternyata jika kita selalu mengungkapkannya kita selalu menjadi energy positif dalam hari – hari kita melewati aktivitas di siang harinya. Sehingga dengan kita sel;alau mengawali pagi hari dengan syukur maka nikmat – nikmat pada siang harinya pun akan semakin melimpah. Wallahu Alam
Share this post :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. Sekolah Islam Terpadu Gameel Akhlaq - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by IT GAMAIS