Selamat Datang di Portal Sekolah Islam Terpadu GAMEEL AKHLAQ

Kurikulum 2013 Tidak Bisa Dipaksaan Tahun Ini

By : Agung Nursidik, S.Pd.I
Wakakepsek GAMAIS

Kurikulum terbaru 2013 yang sudah sama - sama kita dengar memang sudah diwacanakan dan dirancang pada tahun - tahun sebelumnya. Namun dalam perencanaannya yang akan digulirkan tahun ini menuai protes dari berbagai kalangan diantaranya adalah Aliansi ini terdiri dari Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Federasi Guru Independen Indonesia (FGII), Forum Musyawarah Guru Jakarta (FMGJ), Indonesia Corruption Watch (ICW), Sekolah Tanpa Batas (STB), Front Perjuangan Pemuda Indonesia (FPPI), Koalisi Pendidikan, Solidaritas Anak Jalanan untuk Demokrasi (SALUD), BEM UNJ, Aliansi Orang Tua Murid Peduli Pendidikan (APPI), dan praktisi pendidikan. 

Kita Memang perlu menghargai langkah yang dilakukan menteri pendidikan dan kebudayaan Muhammad Nuh dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia perlu diadakannya perubahan sistem kurikulum yang lebih baik sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas mutu pendidikan. Namun karena berbagai hal diantaranya adalah belum tuntasnya sosialiasasi yang dilakukan oleh KEMENDIKBUD terkait time shcedulle yang sudah dirancang seperti kita lihat di bawah ini :
Jadi yang saya amati adalah masalah sosialisasi ke sekolah - sekolah, distribusi buku dan yang paling penting adalah pelatihan untuk guru tentang metode pengajaran kurikulum baru belum terlaksan dengan maksimal mulai dari Dinas pendidikan daerah sampai ke tingkat sekolah. Kalau bulan ini sudah memasuki pertengahan April 2013 dengan kondisi guru yang disibukan dengan UN yang penuh dengan carut marut tentunya dapat mengganggu konsentrasi guru dalam rangka menangkap proses perubahan kurikulum 2013.

Namun lain dari pada itu, yang menurut saya paling penting dan mendasar adalah bahwa ternyata muatan pelajaran TIK yang menjadi pendukung utama dalam proses pembelajaran malah justru dihilangkan.  Padahal di era teknologi seperti jaman sekarang ini yang seharusnya peserta didik bisa mengenal dan memanfaatkan Teknik Informasi dengan baik, malah justru dijauhkan dari pelajaran ini, dengan alasan semua pelajaran bisa didukung dengan TIK. Tapi menurut saya justru akan terjadi ketidakfokusan guru dalam proses belajar mengajar dengan waktu yang terbatas. Saya malah berfikir terjadi pelampiasan oleh peserta didik ke arah negataif, misalnya keterbatasan TIK di sekolah akan merespon mereka menggunakan fasilitas TIK yang ada di luar sekolah seperti di warnet, sehingga tidak terkontrol oleh orangtua dan guru. Akibatnya adalah terjadinya aksi pornografi di luar jam sekolah dengan memanfaatkan warnet yang tidak terkontrol. 

Maka dari itu saya sebagai pelaku pendidikan dan mewakili SMPIT GAMAIS menolak KURIKULUM TERBARU 2013 diselenggarakan tahun ajaran 2013 / 2014. Karena jika kurikulum 2013 ini dipaksakan pada tahun ajaran 2013 / 2014 akan banyak terjadi ketidakmasimalan dalam proses belajar mengajar. Maka dari itu saya sarankan lebih baik KEMENDIKBUD lebih fokus pada sosialisasi saja dan berbenah dengan masalah yang dihadapi tahun ini yaitu masalah UN yang penuh dengan CARUT MARUT.


 
Share this post :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. Sekolah Islam Terpadu Gameel Akhlaq - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by IT GAMAIS