Selamat Datang di Portal Sekolah Islam Terpadu GAMEEL AKHLAQ

ICE BREAKING MENCIPTAKAN GAIRAH KELAS

اللَّـهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَ‌جَاتٍ ۚ وَاللَّـهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ‌ ﴿١١

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Bagi seorang muslim kita  tau bahwa  sebagai seorang guru adalah bagian dari orang yang
Oleh Agung Nursidik,CH,CHt,CNLP
mentransfer ilmu pengetahuan kepada anak – anak kita. Karena kita memiliki visi yang besar kepada anak – anak kita untuk menjadi generasi yang berilmu. Karena dengan generasi berilmulah maka akan tercipta estafet kepemimpinan yang lebih baik di masa yang akan datang.
Setiap guru pasti menginginkan sekali setiap pembelajaran dapat berjalan dengan menyenangkan, dan berharap setiap pelajaran yang diterimanya akan mudah diserap oleh peserta didik.  Tetapi banyak diantara kita yang masih mengabaikan kondisi dan situasi yang ada. Karena kondisi dan situasi yang ada sangat berpengaruh pada setiap pembelajaran. Misalnya waktu pagi hari berbeda kondisinya dengan siang hari, begitu juga siang hari berbeda kondisinya dengan sore hari. Apalagi berbagai tugas dan beban yang dimiliki oleh guru maupun oleh siswa, ternyata itu sangat memengaruhi gairah pembelajaran.
Maka dari itu kita sebagai guru harus pandai – pandailah melihat situasi dan kondisi, dan kita terkadang  harus berperan sebagai motivator buat peserta didik. Sesuai dengan pengalaman bertahun – tahun yang saya amati dan saya uji cobakan memang perlu beberapa hal yang harus kita pahami mengenai situasi dan kondisi tersebut sehingga kita dapat memberikan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, di antaranya adalah :
Memahami kondisi waktu yang berkaitan dengan kondisi gelombang otak
Pagi Hari :
Menurut pengalaman dan penelitian para ahli bahwa pada pagi hari kondisi otak kita rata – rata dalam kondisi   Beta kisaran antara 10-100 Hz. Cara kerja dari kondisi gelombang Otak Beta (koognitif, analisis, logika, otak kiri, konsentrasi, pemilahan, prasangka, pikiran sadar). Kondisi pagi memang masih cukup efektif untuk melakukan pembelajaran. Sehingga kita bisa melakukan pembelajaran dengan normal karena kondisi otak masih segar atau fress.
Siang Hari – Sore Hari :
Biasanya kondisi siang pembelajaran akan sangat berbeda dengan pagi hari, karena kondisi ini otak pada kondisi  Alpha kisaran antara 8-13,9 Hz. Dalam kondisi ini orang yang sedang rileks, melamun atau berkhayal gelombang otaknya berada pada frekuensi ini kondisi ini dikatakan sebagai pintu masuk atau akses keperasaan bawah sadar. Jangan harap kita bisa mentransfer pelajaran bisa menyamakan dengan kondisi pagi hari. Dalam kondisi ini perlu kita ketahui juga sebenarnya kita hanya bisa mentranfer ilmu dan bisa di serap oleh peserta didik sekitar 15 – 20 menit saja. Maka dari itu perlunya kita melakukan seting pembelajaran yang menyanangkan di waktu siang atau sore hari dengan berbagai kegiatan diantaranya adalah ice breaking. Banyak sekali contoh – contoh bentuk ice breaking yang dapat berupa : game, tebak – tebakan, bernyanyi, bercerita, senam otak, dan lain – lain.
Contoh bentuk – bentuk Ice Breaking :
1.      Bernyanyi : bernyanyi ternyata dapat menghilangkan kejenuhan dan stress, kita sebagai guru harus kreatif menciptakan lagu atau paling tidak meniru nada lagu yang pouler. Contoh di bawah ini adalah lagu WALI BAND yang kita rubah liriknya yang berjudul “ DIK “
Dik aku pinta kau akan istiqomah
Dik aku mohon kau slalu meyakini
Saatku banyak masalah kalaku banyak dosa

#Shalat kan menjagamu sikap dan prilakumu
Di semua mimpi dan nyatamu
Shalat kan menjagamu di hidup dan matimu
Tak ingin 2X kau rapuh

Dik jangan engkau tinggalkan  5 waktu
Dik ingin aku doa dan shalat selalu
Saat kau tengah terluka kala kau tengah gundah#
2.      Senam anggota tubuh. Senam anggota tubuh juga sangat menyengkan dan asyik untuk menghilangkan kejenuhan dan stress.
    Contoh senam COCONUT NUT – NUT. Dalam senam ini peserta didik bisa mengikuti bentuk tangan yang menyerupai huruf – huruf tersebut dengan di iringi nyanyian.
    Senam angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9-----senam angka di lakukan dengan menggunakan tangan kanan di iringi dengan suara mulut yang menggantikan suara spidol di papan tulis. DOWNLOAD di sini
3.      Senam otak yang di iringi dengan musik. Senam otak ini juga bisa bermanfaat untuk melatih kecerdasan otak kanan. DOWNLOAD di sini

Selamat Mencoba
Share this post :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. Sekolah Islam Terpadu Gameel Akhlaq - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by IT GAMAIS