Selamat Datang di Portal Sekolah Islam Terpadu GAMEEL AKHLAQ

Desain Sempurna Tiada Cacat

Oleh Agung Nursidik, S.Pd.I


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ، اَلنَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ؛
Segala puji hanya bagi Allah Robb semesta alam yang bergantung semua makhluk-Nya yang ada di langit dan di bumi. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Rijal ad-da’wah Rasulullah SAW, kepada keluarga, sahabat dan umatnya yang selalu istiqomah dalam risalahnya.
Pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang fenomena alam yang terjadi disekitar kita, yang seharusnya menjadi media petunjuk ke jalan yang benar yaitu Islam Al- Haq. Karena sesungguhnya dalam shalat 5 waktu kita selalu meminta petunjuk  kepada Allah SWT yaitu :
 “ Tunjukilah kami jalan yang lurus “
 Sesungguhnya jalan yang lurus itu sudah Allah tunjukan kepada kita di depan mata dengan segala peristiwa yang kita alami. Tetapi lagi – lagi mata hati kita tertutup  oleh noda dan kotoran kemaksiatan sehingga hati dan perasaan kita tidak sensitive dalam merespon fenomena alam yang pada hakekatnya adalah petunjuk bagi kita.
Oleh karena itu mari kita mulai pembahasan kita !
  Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa Sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu
Dalam ayat diatas Allah menjelaskan bahwa, Dia akan menunjukkan tanda-tanda kebesaran-Nya baik yang ada di alam semesta ini maupun pada diri manusia. Alam semesta yang dimaksud adalah fenomena-fenomena dahsyat yang terjadi antara keduanya ( langit dan bumi ). Pada diri manusia yang mencakup keindahan dan keajaiban ciptaan-Nya. Tanda-tanda kebesaran-Nya yang ditunjukkan kepada manusia tidak lain hanyalah agar manusia menyadari kekuasaan Allah adalah benar adanya, dan manusia semakin yakin dan tidak ragu-ragu kepada Al-Qur’an sebagai wahyu Allah.
Mari kita telusuri fenomena alam yang ada didepan mata kita
 Allah berfirman dalam QS. Al-Zalzalah : 1-4
 Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), Dan bumi Telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,Dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (menjadi begini)?", Pada hari itu bumi menceritakan beritanya,
                Fenomena Gempa,Tsunami dan Gunung meletus adalah sebagian kecil dari tanda-tanda kekuasaan Allah yang ditunjukkan kepada umat manusia agar umat manusia menyadari atas perbuatannya terhadap alam ini yang telah mengurangi keseimbangannya, padahal jelas Allah melarang umat manusia agar tidak merusak keseimbangannya QS. Ar-Rahman : 8-9
  Supaya kamu jangan melampaui batas tentang neraca itu.Dan Tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu.
                Di surat Al-Zalzalah yang lebih menjelaskan tentang gambaran peristiwa hari kiamat, seakan jelas gambarannya pada fenomena alam saat ini walaupun hanya tanda-tanda kecil yaitu guncangan yang sekecil – kecilnya bukan sedahsyat – dahsyatnya ,tetapi ternyata peristiwanya  begitu mengerikan sehingga membuat semua manusia ketakutan, trauma bahkan stress berat.
                Mari kita telusuri :
Bumi yang kita tempati ini terdiri dari beberapa lapisan, diantaranya inti bumi, mantel bumi, kerak bumi  dan lapisan atmosfir. Inti bumi adalah cairan panas yang memiliki suhu mencapai 2200oc dan merupakan pusat bumi yang sangat dahsyat dan berbahaya jika memuntahkan isinya ( berupa letusan ). Inti bumi tersebut ternyata hanya dibungkus dengan lapisan mantel bumi yang berupa lempengan - lempengan.
Empat Ring Pelindung Bumi Yang Sempurna
Ring 1 ( Lempeng Bumi )
                Lempengan yang bersifat saling berkait kalau kita renungkan lempeng-lempeng bumi yang saling berkaitan itu sebenarnya terlalu lemah untuk menahan inti bumi yang begitu panas dan sewaktu-waktu bisa keluar. Oleh karena itu bukan suatu kebetulan jika Allah melindungi mantel bumi dengan perairan ( lautan ) yang cukup luas.
Ring 2 ( Perairan Bumi )
                Perlu kita ketahui bahwa Allah menciptakan permukaan bumi lebih banyak perairannya dengan perbandingan perairan ( lautan ) 79% dan daratan 21%. Ada sebuah rahasia dibalik penciptaan bumi kita ini yang tiada cacat dan keseimbangan di dalamnya. Ternyata sifat perairan yang Allah ciptakan dipermukaan bumi ini adalah untuk memperkuat ketahanan lempeng-lempeng bumi dengan membantu mendinginkan mantel bumi berupa lempengan. Tetapi itu saja tidak cukup ternyata Allah menciptakan kerak bumi yang di atasnya terdapat gunung-gunung sebagai pasak agar lempeng-lempeng bumi tidak mudah bergeser . Bukti ini telah ada dalam Al-Quran surat Al-Anbiya : 31.
  Dan Telah kami jadikan di bumi Ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka dan Telah kami jadikan (pula) di bumi itu jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk.


Ring 3 ( Atmosfir )
                Keseimbangan lainnya yang Allah ciptakan adalah lapisan atmosfir. Lapisan atmosfir adalah lapisan yang melindungi bumi dari serangan benda-benda langit yang hampir setiap detik, menit, jam dan hari  menyerang bumi. Lapisan atmosfir ini adalah atap pelindung bumi  yang selalu terpelihara keseimbangannya seperti dalam surat Al-Anbiya : 32.
  Dan kami menjadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara[959], sedang mereka berpaling dari segala tanda-tanda (kekuasaan Allah) yang terdapat padanya.

Ring 4 ( Tumbuhan )
                Keseimbangan yang tidak kalah menariknya adalah Allah menciptakan tumbuhan. Tumbuhan Allah ciptakan bukan hanya untuk kebutuhan manusia, tetapi tumbuhan di tundukkan Allah untuk menyaring dan melindungi panasnya bumi dari sinar matahari langsung ketika laisan ozon sudah banyak mengalami kebocoran. QS. Ar-Rahman  : 6.
 “ Dan tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohonan kedua-duanya tunduk kepada - Nya. “
Manfaat 4 Ring Pelindung Bumi Yang Sempurna
1.         Ring 1 yang berupa lempeng bumi berfungsi melindungi bumi untuk menahan cairan inti bumi yang panas.
2.         Ring 2 berupa perairan ( lautan ) yang bersifat dingin  dapat menyeimbangkan kekuatan lempeng bumi untuk menahan inti dalam bumi.  Gunung untuk memperkuat lempeng bumi sebagai pasaknya agar tidak mudah bergeser sehingga menimbulkan gempa, tsunami dan gunung meletus.
3.         Ring 3 berupa langit ( atap ) yang terpelihara berfungsi untuk menahan serangan dari luar bumi berupa, meteor atau benda langit lainnya.
4.         Ring 4 ( Tumbuhan )
Tumbuhan bermanfaat menyaring udara panas dari sinar matahari langsung yang sangat panas ditambah dengan volume co2 yang meningkat akibar fossil fuel.

Oleh karena mari itu peliharalah kesempuraan yang tiada cacat ini dengan 3 hal :
1.         Peliharalah alam ini maka engkau akan dapatkan manfaatnya
2.         Hayati pergerakannya maka engkau akan mendapat kekuatannya
3.         Peliharalah keseimbangannya maka engkau akan mendapatkan keindahan dan keamanan darinya.

Wallahu ‘alam
Wasslamu’alaikum Wr. Wb
Share this post :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. Sekolah Islam Terpadu Gameel Akhlaq - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by IT GAMAIS