Minggu, 22 Oktober 2023

Pelaksanaan ANBK di SDIT Gameel Akhlaq

 

Bekasi - (23/10/2023) sedang berlangsung pelaksanaan Assesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SDIT Gameel Akhlaq Kota Bekasi.

Asesmen Nasional merupakan program evaluasi yang dirancang untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan menggunakan tiga instrumen yaitu asesmen kompetensi minimum (AKM), survey karakter, dan survey lingkungan belajar. Tujuan kedua yaitu mengetahui karakter serta sosial-emosional siswa dan guru.

Bentuk soal ANBK biasanya berbentuk stimulus yang disertakan dengan sebuah narasi, info grafik, dan lain-lain. Kegiatan ANBK diikuti oleh 30 siswa secara acak. Pelaksanaan ANBK tentunya tidak hanya diikuti oleh para siswa sampling, melainkan juga diikuti oleh kepala sekolah maupun bapak/ibu guru yang tercantum dalam dapodik. Waktu pelaksaan ANBK dilaksanakan dalam 2 hari pada tanggal 23 - 24  Oktober 2023. Pada sesi 1 diikuti oleh 15 siswa dan pada sesi 2 diikuti oleh 15 siswa.

Instrumen AKM dilakukan guna mengukur literasi membaca dan numerisasi siswa. Kemudian, survei karakter bertujuan untuk mengukur sikap, nilai-nilai, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa.

Peserta didik yang mengikuti Asesmen Nasional adalah peserta didik yang terpilih secara acak (random) di setiap satuan pendidikan dengan metode yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan.

Jumlah peserta yang akan dipilih maksimal 30 orang untuk jenjang SD/MI dan sederajat, 45 orang untuk jenjang SMP/MTs dan sederajat, dan 45 orang untuk jenjang SMA/SMK dan sederajat dengan 5 orang sebagai cadangan untuk masing-masing jenjang.

Diharapkan pelaksanaan ANBK tahun ini dapat mengalami perubahan berupa peningkatan dari tahun sebelumnya. (and)





Tags :

SIT GAMEEL AKHLAQ

GAMEEL AKHLAQ ISLAMIC SCHOOL

  • " Cerdas " ( Selalu berprestasi )
  • " Berkarakter " ( Akhlaq yang baik )
  • " Qur'ani " (Cinta Qur'an )

  • : SIT Gameel Akhlaq
  • : Juli 2011
  • : Rawalumbu-Kota Bekasi
  • : [email protected]
  • : +6285817664135