Selasa, 12 Desember 2023

Kajian Parenting | Keluarga Sebagai Pusat Utama Pendidikan

 


SIT Gameel Akhlaq - ( 9/12/2023) Menyelenggarakan Taklim Wali Murid dengan tema ‘Keluarga Sebagai Pusat Pendidikan' bersama Ustadzah Syifa Nurfadhilah, M.H. Dihadiri wali  murid SD dan SMP. Acara ini juga disiarkan secara langsung di kanal YouTube SIT Gameel Akhlaq.

Keluarga adalah pusat kehidupan pertama dalam perjalanan hidup anak manusia sekaligus menjadi awal mula pendidikan dikenalkan.

Keluarga hakikatnya adalah organisasi terkecil sebagai pelindung dan penghias lukisan kehidupan yang memberikan kenyamanan dan keteduhan hati bagi seluruh anggotanya. Tentunya lukisan kehidupan keluarga yang begitu indah ini tidak lepas dari spektrum dasar, yaitu sakinah, mawadah, dan warahmah.

Keluarga sebagai organisasi terkecil, menjadi awal mula pembentukan karakter seorang anak. Segala sesuatunya dimulai disini. Dimulai anak belajar untuk berbicara, mengenal benda sekitarnya, berdiri, berjalan, hingga berlari. Pendidikan anak tidak lepas dari peranan seluruh anggota keluarga.

Hal ini berkaitan erat dengan fungsi keluarga sebagai Fungsi Edukatif, dimana keluarga merupakan lingkungan yang pertama bagi anak. Pendidikan merupakan tanggung jawab orang tua, yaitu ayah dan ibu yang merupakan figur utama dalam pendidikan. Fungsi pendidikan mengharuskan setiap orang tua untuk mengkondisikan kehidupan keluarga menjadi situasi pendidikan. 

Selain itu, keluarga bagi anak merupakan suatu tempat yang paling strategis dalam mengisi dan membekali nilai-nilai kehidupan yang dibutuhkan oleh anak yang tengah mencari makna kehidupan.

Sesuai fungsinya sebagai fungsi religious, dimana kewajiban orang tua untuk mengenalkan, membimbing, memberi teladan dan melibatkan anak-anak serta anggota keluarga lainnya mengenai kaidah-kaidah agama dan perilaku keagamaan. Fungsi ini mengharuskan orang tua sebagai seorang tokoh inti dan panutan dalam keluarga, untuk menciptakan iklim keagamaan dalam kehidupan keluarganya.

Ketika sang anak telah dibekali dengan benteng agama yang mumpuni, saat mulai mengenal dunia pendidikan yang bersifat umum, bahkan teknologi sekalipun tidak akan dengan mudah menguasai mereka, sebaliknya sang anak yang akan menguasai ilmu dan teknologi tersebut.

Akan sangat membanggakan ketika anak kita termasuk dalam generasi yang memiliki nilai agama, moral dan akhlak yang bijak yang menguasai ilmu dan teknologi yang berkembang. Sehingga bisa menjadi calon pemimpin yang berakhlak mulia, amanah dan cerdas. Karena hakikatnya Allah Subhaana Wata’aala juga menganjurkan kita untuk menuntut ilmu sebanyak-banyaknya dengan cara yang baik dan mengamalkannya kepada sesama dengan baik pula.(and)



Tags :

SIT GAMEEL AKHLAQ

GAMEEL AKHLAQ ISLAMIC SCHOOL

  • " Cerdas " ( Selalu berprestasi )
  • " Berkarakter " ( Akhlaq yang baik )
  • " Qur'ani " (Cinta Qur'an )

  • : SIT Gameel Akhlaq
  • : Juli 2011
  • : Rawalumbu-Kota Bekasi
  • : [email protected]
  • : +6285817664135