Senin, 29 April 2024

Rihlah Ilmiah SMPIT Gameel Akhlaq Goes To Pulau Pari

 

Bekasi - (25/4) Alhamdulillah atas karunia Allah, SMPIT Gameel Akhlaq bisa mengadakan acara Rihlah ke Kepulauan Seribu.  Kegiatan ini diikuti oleh siswa/i SMPIT Gameel Akhlaq, ketua Yayasan beserta jajarannya, dewan guru serta pegawai lingkungan SMPIT Gameel Akhlaq.

Hampir seluruh siswa mengikuti kegiatan ini, didampingi beberapa guru, dan para wali kelas baik ikhwan maupun akhwat. Perjalanan dari sekolah kami di Bekasi ke Pulau Reage, Kepulauan Seribu ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 jam, dengan 1-2 jam melalui jalan darat dan kurang lebih 2 jam mengarungi lautan. Kami berangkat pukul 06.00 pagi menggunakan Bis. Para siswa sangat bersemangat bahkan pukul 05.00 dini hari ada yang sudah siap berangkat.

Kemudian kami melanjutkan perjalanan dan tiba di Pelabuhan pukul 08.18 pagi, sedikit arahan dari dewan guru kemudian bersiap menuju ke Kapal sebagai armada transportasi kami untuk menyebrangi perairan Laut Jawa.

Rihlah berasal dari bahasa arab yang artinya perjalanan. Rihlah merupakan kebutuhan sekunder setiap individu. Siapapun orangnya pasti butuh hiburan. Tapi rihlah yang pastinya mendatangkan ridho Allah. Bukan sekadar hura-hura menyenangkan. Rihlah itu adalah melakukan perjalanan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata, yang menjadi tempat liburan untuk bersenang-senang bersama keluarga, sahabat, atau rekan kerja. Rihlah ini bukan hanya sebagai ajang untuk liburan dan bersenang-senang, tetapi juga sebagai perjalanan supaya lebih mengenal Allah dengan melihat ciptaan-Nya. Selain sebagai bentuk silaturahim, kegiatan ini sejatinya merupakan salah satu bentuk upaya mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT tentang betapa indahnya ciptaan Allah dan lebih melihat akan kebesaran Allah yang telah menciptakan hamparan bumi beserta lautan. 

Selama dua jam penuh dengan perjalanan menyeberangi lautan, tentu banyak hal ataupun kejadian-kejadian yang membuat haru, seru, penuh semangat, gembira, bahkan dukapun sempat menghampiri salah satu dari kami.

Langit tentu sudah terang ketika kami melakukan perjalanan menyeberangi lautan menuju Pulau Seribu. Memang dalam Rihlah Ilmiah ini, siswa tidak hanya sekedar refreshing namun juga melakukan pembelajaran secara langsung, melihat dan mengamati objek yang sesungguhnya, bersentuhan langsung dengan alam. 

Kegiatan yang kami tunggu-tunggu, yakni snorkling, Banana boat membuat semua siswa dan guru bersemangat. Kapal yang kami tumpangi ini berbeda dengan kapal yang membawa kami dari Palabuhan Muara Angke ke Pulau seribu. Kapal ini ukurannya jauh lebih kecil, dan lebih pendek, sehingga kami sangat dekat dengan air laut. Dalam perjalanpun lebih seru, karena hantaman ombak lebih berasa. (and)

Semoga Rihlah ini menjadi pendorong untuk lebih mencintai Allah Ta’ala, Aamiin



Tags :

SIT GAMEEL AKHLAQ

GAMEEL AKHLAQ ISLAMIC SCHOOL

  • " Cerdas " ( Selalu berprestasi )
  • " Berkarakter " ( Akhlaq yang baik )
  • " Qur'ani " (Cinta Qur'an )

  • : SIT Gameel Akhlaq
  • : Juli 2011
  • : Rawalumbu-Kota Bekasi
  • : [email protected]
  • : +6285817664135