ICE BREAKING MENCIPTAKAN GAIRAH KELAS
اللَّـهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّـهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ ﴿١١
“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.”
Bagi seorang muslim kita tau
bahwa sebagai seorang guru adalah bagian
dari orang yang
mentransfer ilmu pengetahuan kepada anak – anak kita. Karena
kita memiliki visi yang besar kepada anak – anak kita untuk menjadi generasi yang
berilmu. Karena dengan generasi berilmulah maka akan tercipta estafet
kepemimpinan yang lebih baik di masa yang akan datang.
Oleh Agung Nursidik,CH,CHt,CNLP |
Setiap guru pasti menginginkan sekali setiap pembelajaran dapat
berjalan dengan menyenangkan, dan berharap setiap pelajaran yang diterimanya
akan mudah diserap oleh peserta didik. Tetapi
banyak diantara kita yang masih mengabaikan kondisi dan situasi yang ada.
Karena kondisi dan situasi yang ada sangat berpengaruh pada setiap
pembelajaran. Misalnya waktu pagi hari berbeda kondisinya dengan siang hari,
begitu juga siang hari berbeda kondisinya dengan sore hari. Apalagi berbagai
tugas dan beban yang dimiliki oleh guru maupun oleh siswa, ternyata itu sangat
memengaruhi gairah pembelajaran.
Maka
dari itu kita sebagai guru harus pandai – pandailah melihat
situasi dan kondisi, dan kita terkadang harus berperan sebagai
motivator
buat peserta didik. Sesuai dengan pengalaman bertahun – tahun yang saya
amati dan saya uji cobakan memang perlu beberapa hal yang harus kita
pahami mengenai
situasi dan kondisi tersebut sehingga kita dapat memberikan pembelajaran
yang
efektif dan menyenangkan, di antaranya adalah :
Memahami kondisi waktu yang berkaitan dengan kondisi gelombang otak
Pagi
Hari :
Menurut
pengalaman dan penelitian para ahli bahwa pada pagi hari kondisi otak kita rata
– rata dalam kondisi Beta kisaran antara 10-100 Hz. Cara kerja dari kondisi gelombang
Otak Beta (koognitif, analisis, logika, otak kiri, konsentrasi, pemilahan,
prasangka, pikiran sadar). Kondisi pagi memang masih cukup efektif untuk
melakukan pembelajaran. Sehingga kita bisa melakukan pembelajaran dengan normal
karena kondisi otak masih segar atau fress.
Siang
Hari – Sore Hari :
Biasanya
kondisi siang pembelajaran akan sangat berbeda dengan pagi hari, karena kondisi
ini otak pada kondisi Alpha kisaran
antara 8-13,9 Hz. Dalam kondisi ini orang yang sedang rileks, melamun atau
berkhayal gelombang otaknya berada pada frekuensi ini kondisi ini dikatakan
sebagai pintu masuk atau akses keperasaan bawah sadar. Jangan harap kita bisa
mentransfer pelajaran bisa menyamakan dengan kondisi pagi hari. Dalam kondisi
ini perlu kita ketahui juga sebenarnya kita hanya bisa mentranfer ilmu dan bisa
di serap oleh peserta didik sekitar 15 – 20 menit saja. Maka dari itu perlunya
kita melakukan seting pembelajaran yang menyanangkan di waktu siang atau sore
hari dengan berbagai kegiatan diantaranya adalah ice breaking. Banyak sekali
contoh – contoh bentuk ice breaking yang dapat berupa : game, tebak – tebakan,
bernyanyi, bercerita, senam otak, dan lain – lain.
Contoh
bentuk – bentuk Ice Breaking :
1. Bernyanyi
: bernyanyi ternyata dapat menghilangkan kejenuhan dan stress, kita sebagai
guru harus kreatif menciptakan lagu atau paling tidak meniru nada lagu yang
pouler. Contoh di bawah ini adalah lagu WALI BAND yang kita rubah liriknya yang
berjudul “ DIK “
Dik aku pinta
kau akan istiqomah
Dik aku mohon
kau slalu meyakini
Saatku banyak
masalah kalaku banyak dosa
#Shalat kan
menjagamu sikap dan prilakumu
Di semua mimpi
dan nyatamu
Shalat kan
menjagamu di hidup dan matimu
Tak ingin 2X
kau rapuh
Dik jangan
engkau tinggalkan 5 waktu
Dik ingin aku
doa dan shalat selalu
Saat
kau tengah terluka kala kau tengah gundah#
2. Senam
anggota tubuh. Senam anggota tubuh juga sangat menyengkan dan asyik untuk
menghilangkan kejenuhan dan stress.
Contoh
senam COCONUT NUT – NUT. Dalam senam ini peserta didik bisa mengikuti bentuk
tangan yang menyerupai huruf – huruf tersebut dengan di iringi nyanyian.
Senam
angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9-----senam angka di lakukan dengan menggunakan
tangan kanan di iringi dengan suara mulut yang menggantikan suara spidol di
papan tulis. DOWNLOAD di sini
3. Senam
otak yang di iringi dengan musik. Senam otak ini juga bisa bermanfaat untuk
melatih kecerdasan otak kanan. DOWNLOAD di sini
Selamat Mencoba
Tags : Guru
SIT GAMEEL AKHLAQ
GAMEEL AKHLAQ ISLAMIC SCHOOL
- " Cerdas " ( Selalu berprestasi )
- " Berkarakter " ( Akhlaq yang baik )
- " Qur'ani " (Cinta Qur'an )
- : SIT Gameel Akhlaq
- : Juli 2011
- : Rawalumbu-Kota Bekasi
- : [email protected]
- : +6285817664135